Rabu, 11 Juni 2008

Demam Euro 2008

The 2008 UEFA European Football Championship atau Euro 2008 akan diselenggarakan di Austria dan Swiss dari 7 Juni hingga 29 Juni 2008. Ini merupakan penyelenggaraan bersama kedua dalam sejarah kompetisi ini, menyusul penyelenggaraan bersama Euro 2000 yang dilakukan Belgia dan Belanda. Untuk 2012, Polandia dan Ukraina dijadwalkan menjadi penyelenggara bersama ketiga kalinya.

Total 16 tim akan berpartisipasi dalam turnamen ini. Austria dan Swiss otomatis lolos kualifikasi sebagai tuan rumah, sementara 14 tim lainnya harus mengikuti babak kualifikasi yang dimulai Agustus 2006. Bagi Austria dan Polandia, kali ini merupakan penampilan pertama mereka. Juara Euro 2008 akan mewakili UEFA di Piala Konfederasi FIFA 2009 di Afrika Selatan.
Undian untuk babak kualifikasi dilakukan di Motreux, Swiss, pada 27 Januari 2006. Babak kualifikasi dimulai sebulan setelah Piala Dunia 2006.

Format kualifikasi telah berubah dibanding sebelumnya. Pemenang dan juara kedua dari tujuh grup otomatis lolos kualifikasi Euro 2008, dengan tuan rumah mengisi dua tempat di turnamen beranggotakan 16 tim ini. Perubahannya adalah tidak ada babak play off antara tim yang menyelesaikan tempat kedua di grup, karena mereka langsung lolos. Tim yang berada di tempat ketiga tidak punya kesempatan ikut kualifikasi. Enam grup memiliki tujuh tim, sementara Grup A memiliki delapan tim.

Tim yang lolos kualifikasi adalah Austria dan Swiss sebagai tuan rumah, Polandia (juara Grup A), Portugal (runner up Grupa A), Italia (Juara Grup B), Prancis (runner up Grup B), Yunani (juara Grup C), Turki (runner up Grup C), Republik Ceko (juara Grup D), Jerman (runner up Grup D), Kroasia (juara Grup E), Rusia (runner up Grup E), Spanyol (juara Grup F), Swedia (runner up Grup F), Rumania (juara Grup G), Belanda (runner up Grup G).

Presiden FIFA mengancam Spanyol keluar dari turnamen jika Pemerintah Spanyol mengintervensi proses pemilihan Federasi Sepakbola Spanyol. Jika Spanyol keluar, Irlandia Utara akan
menggantikannya.

0 komentar: